About Me

header ads

JEMBATAN PERGAULAN YANG PENTING



JEMBATAN PERGAULAN YANG PENTING
Oleh : Yulianus Bukihapai Edowai,..

Yulianus Bukihapai Edowai, pada kesempatan ini,padanya  telah hadir sebuah komunikasi mengenai pergaulan yang sehat sehingga banyak lidah terseru diakui , itu sangat teramat baik.  Sehingga itu, Bukihapai Edowai siap ingin memberikan sebuah tepa memuat dan  menceritakan agenda-agenda jembatang pergaulan yang penting pada episode yang akan datang ini.
 Agenda ini terjadi  di sebuah ruangan konperensi Eksekutif  dari suatu perusahaan yang besar.  Tiga orang pengurus sedang berapat untuk memilih seorang karyawan baru untuk membantu Staf mereka.  Mereka telah meninjauh suart-surat dari pada pelamar  yang banyak jumlahnya dan menyaring pilihan mereka sampai  kepada orang dua orang yang rupanya memiliki kualifikasi yang tertinggi.  Sukar menentukan pilihan. Akhirnya salah seorang tenaga pengurus itu mengajukan pertanyaan ini:  Bagimana perasaan anda bila anda bercakap-cakap dengan salah seorang ini ? Setelah mengadakan pembiacaraan  salama beberapa menit,kelompok itu membuat suatu keputusan  dengan suara bulat,yaitu  memilih orang menurut pendapat mereka tampaknya paling dapat bergaul  dengan orang-orang lain.
Setiap hari di bidang apa pun di dunia ini pilihan seperti ini selalu terjadi . Orang yang pandai bergaul dengan orang lain dipilih untuk menduduki pada posisi-posisi tertentu  dan untuk menjadi teman-teman oleh  karena mereka dapat membangun jembatan kepada orang lain. Kesanggupan untuk berhubungan  dengan orang lain dengan mudah mempunyai arti yang penting sekali.
Hubungan-hubungan yang ada di dalam kehidupan ini kebanyakkan adalah hubungan antar manusia dan ‘ hampir setiap masalah’  yang dihadapi ada hubungannya dengan manusia lain.
Misalnya, bila seorang skretaris merasa kecewa,,hal itu bukan karena belangko surat yang dipergunakannya, tetapi lebih besar kemungkinannya karena orang-orang di dalam  kehidupannya.  Demikian pula,seorang ibu rumah tangga  tidak akan menjadi  sanngat kecewa hanya karena tirai-tirai. Seorang pemimpin perusahaan tidak akan merasa terganggu oleh meja tulisnya. Demikian pula hal seorang guru tidak akan merasa terganggu oleh papan tulis. Perhatikan mereka yang terutama biasanya pada orang-orang dan bukan pada benda-benda.
Ada tidaknya rasa bahagia dalam diri anda sebagian besar di sebabkan oleh pergaulan  anda dengan orang-orang lain. Umpanya kami telah mendapati dalam tiga lembaga penyuluhan yang didirikan oleh  The Narramore             Christian Foundation,sebagian besar problema yang dialami oleh para langgangan kami berkisar pada hubungan antar manusia. The Narramore Christian Foundation mengadakan penyeluhuan ada tiga buah kota di Amerika Serikat:  Harsbung; Pennyslavia; Phoenix,Arizona dan Pusatnya berada di Rossemead  California.
Pada waktu seorang anak bertumbuh menjadi dewasa  ia menyembangkan perasaan-perasaan tertentu mengenai dirinya. Perasaan-perasaan ini disbeut sebgai “gambaran diriny”atau konsep mengenai dirinya. Dan hampir setiap hal yang di kerjakannya dalam sepanjang kehidupannya di rasakan bagimana sebenarnya perasaan tentang dirinya itu.  Ia mungkin menyadari perasaan-perasaan ini,atau mungkin juga tidak. Walaupun demikian cara dia ,bertindak dan perasaan-perasaannya sebagian besar ditentukan oleh bagimana ia memahami dirinya sendiri.
 Gambaran yang dimiliki oleh seseorang mengenai dirinya sendiri  itu tergangung sampai sejauh mana hubungan-hubungannya pada masa kanak-kanak  dengan ayahnya,ibunya dan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya secara langsung. Dengan kata lain,Pada saat itu bertumbuh  menjadi dewasa  ,saya akan mengambil contoh  dari orang-orang dengan siapa ia dibesarkan.
Bila pada masa kanak-kanak seseorang telah mengembangkan suatu konsep yang salah mengenai dirinya,hal itu akan menimbulkan persoalan-persoalan yang parah di kemuadian hari. Bila ia mempunyai perasaan negatif  atas dirinya sendiri,ia biasanya mempunyai pandangan yangsalah atau tidak mempunyai kekuatan sehat terhadap orang lain,paling tidak dalam beberapa hal.  Dan banyak dari usahanya  (mungkin secara tidak disadari) akan di adakan hal mengatasi atau mencari konpensasi dari kekurangan-kekurangan nya yang sudah lama itu.  Hal ini juga terjadi diantara orang-orang Kristen. Sebagian ,tentu saja, tidak menyadari tingkah laku mereka, atau apa yang menjadi sebab tingkah laku mereka.  Tetapi tanpa pertolongan istimewanya atau spesialnya sukar untuk menerima dan menerapkan   Ajaran - ajaran Firman Tuhan.  Hal ini mengilustrasikan pentingnya hubungan-hubungan pada masa kanak-kanak.  Tetapi rekasi-reaksi antara perorangan tidak berhenti di sana .Banyak hubungan orang-orang dewasa yang juga mempengaruhi  kehidupan sehari-hari sseorang.
Anda dapat memperhatikan bahwa apabila anda memiliki hubungan-hubungan yang hangat dan akrab dengan keluarga anda dan orang lain ,anda merasa jauh leih berbahagia. Tetapi apabila anda tidak dekat merasa dengan orang lain,banyak persoalan seperti depresi, cemburu;curiga, khuatir akan muda sekali timbul.  Oleh karena itu penting sekali anda akan memikirkan hubungan-hubungan anda dengan orang lain.
Tetapi,apa yang dapat saya perbuat mengenai hal itu?” Anda mungkin bertanya   demikiann.  Banyak sekali !  dengan mengerti bepata pentingnya  hubungan antara manusia itu sebenarnya,kemduian dengan mengambil  langkah-langkah untuk memperbaiki nya,  anda bukan hanya menghindarkan   ketidak bahagiaan  dalam kehidupan anda,tetapi juga anda menjadi berkat yang besar bagi orang lain.
Orang yang mengenal Kristus  sebagai Juruselamat   pribadi terutama untuk  ingin membangun jembatan komunikasi yang efektif  kepda orang lain.  Ia tahu bahwa  pada  ia  mempunyai kehidupan kekal  dan bahwa pada siuatu saat ia akan tinggal bersama Kristus  di Surga.  Ia juga menyadari bahwa mereka yang tidak  percaya kepada Kristus yang tidak dilhirkan kembali akan menghadapi kekekalan   di nakara.  Ini adalah ajaran yang disederhana dan jelas dari firman Allah  yang kekal. Oleh sebab itu, bagi dia hal yang palingpenting ialah memberikan keksaksian  mengenai imamologinya  kepada orang lain sehingga mereka pun  dapat mengenal Kristus secara pribadi.
Memberitakan Injil secara efektif  kepada orang lain sebagaian besar bergantung pada hubungan anda dengan orang-orang. Bila mereka mempunyai persaan yang baik  terhadap anda ,akan lebih besar kemungkinannya mereka menerima apa yang anda tawarkan. Seikit sekali manfaatnya menceritakan tentang Tuhan Yesus kepada orang lain  bila orang itu tidak menyukai anda. Oleh Karena itu penting sakali  anda membangunan jembatan-jembatan pergaulan yang efektif  kepada orang lain sehingga mereka akan menerima Firman Allah. Keterampilan yang ada pada diri anda  masing-maing juga berguna pada waktu anda menolong orang-orang yang sudah mengenal Kristus untuk bertumbuh  dialam Dia.
Oleh sebab itu penting sekali, bahwa semua orang ,teristimewa semua orang-orang Kristen , membangun jembatan-jembatan pergaulan yang efektif  kepda orang-orang yang mereka jumpai  dan hubungi. (*)
Jayapura,23 September 2017
By: Yulianus Bukihapai Edowai,,,.

Posting Komentar

0 Komentar