DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………………………………………………….!!!
Daftar Isi………………………………………………………………………………………!V
Persembahan ………………………………………………………………………………….V
Sari Kata………………………………..……………………………………………………...1
BAB I. KAMPUNG ATOU
A. Letak dan Batas-Batasnya………………………………………………………………..............7
1.1.1. Letak Kampung Atou…………………………………………………………....8
1.1.2. Pemisahan Arti Kata Atou dan Atou Pugi…………………………………….9
1.1.3. Batas-Batas Wilayah Atou……………………………………………………….10
B. Keadaan Alam Atou…………………………………………………………………......,,,,,,,,11
C. Penduduk dan Perekonomian……………………………………………………………,,,,,,,13
1.3.1. Penduduk Atou…………………………………………………………………....,,,13
1,3,2. Marga Warga Penduduk Atou…………………………………………………....14
BAB II. EKONOMI KAMPUNG ATOU
A. Nilai Ekonomi Atou Pada P-5…………………………………………………………16
2.1.1. Pertanian………………………………………………………………………….16
2.1.2. Perkebunan………………………………………………………………………..17
2.1.3.Perikanan ………………………………………………………………………….18
2.1.4. Peternakan………………………………………………………………………...19
2.1.5. Pertuganan………………………………..……………………………………….21
B. Kerja Sama Dengan Pemerintah ………………………………………………………..23
BAB III. PENGGUNAAN DANA PROSPEK
A. Kecakapan Penggunaan Dana Desa Oleh Kepala Desa Atou…………………………..25
B. Penggunaan Dana Desa Kepada Masyarakat Oleh Kepala Desa Atou………………..27
3.2.1. John Nipoto Nokuwo…………………………………………………………….27
3.2.2. Tujuan dan Kerinduan Buku Tabanas……………………………………………31
BAB IV. PRASASTI BERUPA APRESIASI OLEH PELAJAR,
MAHASISWA KEPADA SELURUH WARGA ATOU
A. Apresiasi Dari Pelajar Mahasiswa Kepada Intelektual Atou ………………………. .....33
B. Dari Sumber Dana Desa Telah Membuka Jalan Tikus………………………………….35
C. Kondisi Jalan dan Hutan Atou Sejak Dahulu Kala…………………………………….36
D. Keadaan Hutan Atou Dahulu Dengan Salju…………………………………………..43
E. Kelopok Pengari di Tengah Hutan Rimba Atou………………………………………....47
4.5.1. Kelompok Pengari………………………………………………………………...47
4.5.2. Kelompok Alungang Pantung……………………………………………………48
4.5.3. Kelompok Drama…………………………………………………………………48
BAB V.PENUTUP
A. Kesimpulan……………………………………………………………………………....51
B. Saran……………………………………………………………………………………..54
C. Bagian Puisi……………………………………………………………………………...56
5.3.1. Senja Alam Atou di Ujung Malam…………………………………………….56
5.3.2. Atou,Putaapa,Modio Not Island………………………………………………….57
5.3.3 Rintih Dalam Kebisuan………………………………………………………….58
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………59
TENTANG PENULIS……………………………………………………………………….......60
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur Penulis panjatkan kepda Allah Bapa ,Tuhan kita ,Yesus Kristus,karena atas marifat,pengertian dan pengetahuan serta hidaya-hidaya-Nya, maka penulis telah dapat di selesaikan, buku yang berjdul: “DARI HUTAN BERANTARA ATOU PUGI MENUJU ATOU BARU” dalam durasi waktu yang lebih mendukung dan tepat serta singkat.
Sehingga itu, penulis akan mencurahkan dan mencurhatkan tentang Atou dan keadaan Willayah Atou dari Atoupugi. Dan pemeisahkan dan perbedaan sebuah kata Atou dan Atoupugi. Kemudian itu ,dari pemisahan kata ,Atou , menjadi pertanyaan . Dan Pertantanyaannya adalah : kenapa ada kata Atoupugi? Dan Kenapa kata Atou? Sahutnya Atoupugi artinya : Hutang Rimba. Dan sedangkan Atou artinya: Nama sebuah Kampung, yaitu Kampung Atou. Jadi, Atou dan Pugi artinya : Hutan Berantara. Dan yang Atou artinya: Telah membuka Hutan jadi Kampung.
Kemudian dari itu,penulis telah membicarakan lewat tulisan ini,ada bebera hal ,yaitu antara lain:
Letak dan keadaan Kampung Atou; Batas-batas Wilayah dari Atou; Kepadatan kependudukan d an perekonomian, Pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunan, serta pertuganang; bagimana kerjasama dengan pemerintah ataou dengan Pemerintah Kabupaten serta Masyarakat Atou; Bagimana Cara penggunaan Dana Desa; Kecapan Kepala Desa Atou terhadap Dana Desa ; Prasasti berupa apresiasi dari pelajar,Mahasiswa Seasal Atou kepada Intelektual serta seluruh warga Kampung Atou; dan Penutup Puisi serta persebahan dari penulis kepada Hutan Rimbah Atou dan Seluruh penghuni Atou.
Maka jelas buku ini bermanfaat bila dimiliki oleh Anda, karena didalamnya memuat penjelasan dan solusi dalam menggali dan memelihara motivasi nilai-nilai hulur budaya serta upcara pesta adat kepemimpinan tradisional yang telah tersebut paragrafh diatas oleh penulis itu.
Semoga apa yang dikerjakan oleh kita untuk kita semua,dan ini mendapatkan manfaat sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat Atou pada khususnya dan pada umunya kepentingan bersama bagi para yang pecinta budaya kasih dan dibalas oleh kebaikan yang lebih besar oleh TUHAN Yang Maha Esa. Amin.
Jayapura, 10 Juli ,2017
Penulis
Yulianus Edowai
0 Komentar