About Me

header ads

DOGIYAI ANIGOU



DOGIYAI   ANIGOU
D
ogiyai  Aginou artinya Dogiyai Bangkit.  Gogiyai bangkait dari keterbelangan, ketermiskinan, kedunguhan dan ketertinggalan melalui visi, misi dan program pembangunan prioritas.  Program prioritas untuk Dogiyai Anigou adalah  Rendahnya pelayanan pemerintahan disebabkan kurangnya durasi atau manajemen waktu, dan efisiensi dan disiplinnya tidak stabilnya. Rendahnya kualitas sumber daya  manusia dan pada hal itu akan menjadi salah satu asset pemerintahan Kabupaten Dogiyai.
Rendahanya  kualitas sumber daya pelayanan kesehatan akibatnya  honornya tidak dilancarakan baik. Sehingga muncullah berbagai  alasan yang beralasankan bahwa masalah dana honor masih minimalisir.  Perlunya menghormati nilai-nilai luhur dan budaya yang dihayati oleh seluruh warga penduduk Dogiyai  yang beretnis Mee,harus menghayati dan melestarikan pradaban budata dan adat –isti adat tradisionalnya.
Dogiyai anigou adalah Dogiyai Bangkit, Hidup kembali dari keterbelakangan, ketermiskinan, dan keapatisme, agar menjadi bahagia, dan untuk menjadi hidup mandiri, sejahtera dan bangkit serta hakikatnya untuk mewujutkan visi,misi dan moto tentang Kabupaten Dogiyai Dou Ena.
Asal usul teoritis  berbahasa beretnis suku Mee dalam sebuah totoknya di mengaku bahwa “‘DOGIYAI  ANIGOU”. Di berartikan secara emprisme bahwa Hidup Kembali, Dogiyai Wafat Bangkait Kembali, melalui program, Visi,Misi dan segala program prioritas yang di rancang, diprogramkan, divisikan dan dimisikan serta dimottokan oleh  Bapak Bupati Odiyaipai Dumopa, dan Oskar Makai ,selaku Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Dogiyai  pada periode tahun 2017-2022 akan datang.  
Perspektif  segala visi,misi, dan program pembangunan Kabupaten Dogiyai itu, di ajak semua lapisan lembaga pemerintahan , Semua pemangku, Tokoh-tokoh adat, Pemerintahan, Pemuda, Perempuan, Kaum intelektual, Mahasiswa-Pelajar, dan para penatua-penatua Ke Agamaan serta seluruh peranan terpenting yang ada dilingkungan Kabupaten Dogiyai harus baca ,lalu bertindak sebagaimana mestinya.

Menurut penulis Opini ini, semua visi,misi,Program Pembangunan yang sebagaimana di rancang dan di konsep oleh ,Beliau Bapak Bupati, Odiyaipai Dumopa  itu seolah-olah menjadi obat mujarab penembuh untuk menyembuhkan segala penderitaan pembangunan di Kabupaten Dogiyai.  Namun demikian itu, semua pemangku,elemen,dan unsur pemerintahan di bawah naungan Bupati  di lingkungan pemerintahan Kabupaten  segera menjadi rajin membaca dan melaksakanan tugas tupoksi kerjanya. Jika kamu masih belum membaca barulah  bertindak  dengan tindakan yang tidak sewajarnya ,maka anda ini ,sama saja orang pintar menuntut orang ppintar  akhirnya kedua-duanya akan jatuh terjerumus di lubang kemacetan pembangunan.
Yang penting disini adalah  rajin membaca dan patuhi isi dan makana dari pada hasil bacaan mengenai “Buku Visi,Misi dan Program Pembangunan”, serta melaksanakannya visi ,misi dan program pembagunangan yang di konsep oleh pimpinan kita,yaitu Bapak Bupati, Odiyaipai Dumopa; Supaya itu menjadi fondasi revolusi untuk Dogiyai Anigou –Dogiyai bahagia. (*)
“Salam Dogiyai Anigou-Bahagia”



Dogiyai, 13 Februar  2018

By the writted : Yulianus Bukihapai Edowai

Posting Komentar

0 Komentar