About Me

header ads

REVULUSI PERKEMBANGAN KOMUNIKASI DI KEPULAUAN INDONESIA



REVULUSI PERKEMBANGAN KOMUNIKASI DI KEPULAUAN INDONESIA

 oleh: Yulianus Bukihapai Edowai

P
ada akhir-akhir,abad pada Revulusi ini di Kepulauan Indonesia  Negara kita , Komunikasi makin penting  dan diperhatikan orang, hal ini karena komunikasi merupakan alat pembangunan ,alat integrasi,alat kekuasaan,dan untuk itu komunikasi penting untuk di ketahui,di hayati, dan di pahami oleh semua orang.  Khususnya untuk penyelenggara pembangunan ,sebab mereka lebih banyak  erhadapan dan berhubungan  dengan pelaksanaan pembangunan dan masyarakat luas.
Komunikasi dan pembangunan ,keduanya mempunyai hubungan yang erat. Komunikasi pembangunan adalah komunikasi yang diisikan pesan-pesan (Message) pembangunan. Komunikasi dan pembangunan menarik minat untuk di simak karena komunkasi dan pembangunan  keduanya mempunyai kepentingan  yang saling isi mengisi (dua sisi mata uang).  Komunikasi dan pembangunan dapat dibedakan tetapi keduanya tidak dapat dipisahkan.
Penerangan memegang arti penting  di abad Revulusi ini,terutama di Negara Kepulauan Indonesia,Negara kita ini,dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang (PELITA). Penerangan di perlukan manusia dan masyarakat yang serba hubungan  yang memerlukan informasi tepat,cepat,lugas ,akurat dan lancar.
Dengan kemajukan ilmu pengetahuan danteknologi  maka dunia pun semakin tatanag dan ujian atas kemajuan tersebut,termasuk kemajuan di bbidang komunikasi di dunia terlebih khususnya di Negara Kepulauan di Indonesia. Akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta modernisasi maka terjadi ledakan  yang amat dahsyat yaitu ledakan informasi. Hal ini terjadi karena selain semakin bbertambahnya penemuan-penemuan alias inovasi-inovasi baru di bidang ilmu dan di sebabkan timbulnya kebutuhan. Kebutuhan-kebutuhan baru dan rangsangan-rangsangan baru dalam masyarakat. Revulusi informasi di sebabkan pesta kemajukan di bidang IPTEK . Hal ini jelas akan membawah pengaruh  besar dalam hidup dan kehidupan masyarakat  baik secara langsung kendati secara tidak langsung. Di Negara kita,Negara Kepulauan Indonesia berkat getaran gelombang informasi dan penerangan yang menjangkau daerah –daerah pedesaan ,rakyat dewasa ini telah mulai kritis dan tidak mudah diperbodoh. Ini akan menambah dampak yang positif  dan penting dalam melaksanakan pembangunan nasional yang di kaitkan dengan perkembangan dan kemajuan komunikasi.
Penulis adalah Yulianus Bukihapai Edowai

Posting Komentar

0 Komentar