About Me

header ads

Mahasiswa Adalah Agen Perubahan,Organisasi Butuh Pengkaderan

usai foto saat senior memeriksaan Atribut Kegiatan penerimaan sebelum berangkat ke tempat tujuan kegiatan (dok.foto Markus Makai)
 manado, mediai pmapandode-sulut---Mahasiswa, satu kata yang menarik dari gabungan kata tersebut adalah kata "Maha" yang artinya besar. Jika diartikan secara keseluruhan, berarti seorang pelajar yang sudah besar, baik besar pemikirannya maupun besar tekadnya untuk memanfaatkan ilmunya agar berguna untuk seluruh umat di mnuka bumi ini. 

Nah, untuk menjalankan peran sebagai seorang mahasiswa tidaklah mudah. Mereka harus rela menyisihkan waktu luang dan waktu bermain mereka karena metode pembelajaran yang sudah tidak sama lagi dengan siswa pada umumnya. Kalau seorang siswa diberi nasi dan disuruh untuk memakannya, maka beda halnya dengan seorang mahasiswa. Seorang mahasiswa hanya diberi padi dan beras, lalu disuruh memikirkan suatu cara dan alternatif agar beras tersebut bisa dimakan, begitulah analoginya

senior Sulurh Mahasiswa Baru jalan Jonkok kurang lebih 100 meter sebelum berangkat (foto : Markus Makai )
Banyak organisasi yang dalam kegiatan pengkaderannya di ikuti oleh banyak peserta namun akhirnya yang tersisa hanya sedikit saja yang mampu bertahan, atau organisasi yang memiliki kader berlimpah tapi tidak mampu bekerja untuk menggerakkan dan menjaga keberlangsungan organisasi karena kader tulang punggung organisasi tidak mempunyai bekal pemahaman dan keahlian yang baik akibat dari tidak berjalannya tahapan-tahapan pengkaderan yang harusnya dilakukan oleh senior mereka.
 
Pembangunan dan Kemajuan suatu daerah ditentukan orang oleh ketersediaan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang cukup dalam membangun wilayah itu sendiri. Peran anak muda sangat ditentukan dalam pembangunan suatu bangsa yang ditunjukkan dengan skill dan kemampuan sebab kita adalah agen perubahan. 

 saat demianus adii memberi sebuah selingan kepada mahasiswa 
baru 

Dengan demikian Organisasi IPMAPANDODE (ikatan pelajar dan mahasiswa kabupaten panaiai, nabire, dogiyai, dan deiyai) Sulawesi Utara mengadakan kegiatan Proses pengkaderisasi (Penerimaan Anggota Baru)  kurang lebih sebanyak 36 mahasiswa terhitung putra dan putri, kegiatan pembinaan ini berlangsung  di Pantai Magatasi pada  09/09/2017.

IPMAPANDODE SULUT adalah organisasi mahasiswa Meepago di Kota study Sulawesi Utara. Organisasi ini didirikan untuk menjaga kekerabatan yang dipisah-pisahkan oleh pemerintah. Hadirnya organisasi ini untuk menggali potensi diri melalui kegiatan-kegiatan rutin secara bersama dengan semangat sosialisme Melanesia Papua dan ikut berkontribusi dalam pembangunan masyarakat.

Organisasi IPMAPANDODE sebagai salah satu wadah pemersatu dan menjaga solidaritas kami anak muda wilayah Meepago. Oleh sebab itu dengan adanya wadah ini kami bisa belajar dasar-dasar kepemimpinan yang dapat membantu kami ketika kelak kembali ke daerah kami masing-masing.

Sehingga besar harapan kami kepada anggota baru dan teman-teman untuk tetap menjaga kebersamaan, persatuan, dan kelompokan serta meningkatkan solidaritas kami yang sudah kami bangun sejak dul sampai hari ini.

Selamat bergabung buat anggota baru Angkatan 2017 dan kita berdoa kami semua kelak menjadi orang-orang yang berguna bagi gereja, pemerintah, dan masyarakat.
 
peliput : Markus Makai 
aditor   : Admin (A F G)

Posting Komentar

0 Komentar