About Me

header ads

INI RASANYA EFEK DARI PEMANASAN GLOBAL


foto Pribadi: Jimmi Kogopa.com

Oleh : Jimmi Kogopa.
 

Artikel -, Dampak Pemanasan Global (Globall Warming) KONFERENSI PBB tentang Perubahan Iklim di Bali, pada Tgl 3--14 Desember 2007 telah mengindikasikan bahwa saat ini pemanasan global merupakan isu utama yang terjadi di hampir di seluruh belahan dunia.

Nah, dengan konteks ini saya mengindikasikan hal-hal yang sedang terjadi pada suhu/iklim saat ini yakni (Thn 2018 hingga 2019 ini berturut-turut. Karena perubahan iklim ini bisa diduga dampak dari pemanasan global. Pemanasan global ( global warming ) berarti naiknya suhu pada permukaan bumi yang disebabkan oleh pengaruh alam, yakni : Perubahan orbit bumi terhadap matahari, letusan gunung merapi, efek rumah kaca pada atmosfer Musti, lebih utamanya sumbangan terbesar akan pemanasan global diakibatkan oleh emisi gas buangan oleh setiap aktivitas kehidupan keseharian oleh manusia. Pemanasan global memiliki dampak yang sangat luas pada kesejahteraan dan kesehatan manusia.

Banyak literatur yang menyebutkan pemasanan global wajib bertanggung jawab terhadap terjadinya bencana-bencana alam di seluruh belahan dunia ini, yakni gelombang panas, badai, kekeringan air, gempa bumi seperti di palu pada thn 2018 kemaring, maupun banjir bandang seperti kejadian di Sentani-Jayapura-Papua pada 1 bulan silam yang lalu. Selain itu pemanasan global juga sangat berdampak terhadap kelestarian kelangsungan hidup hewan-hewan. Kelestarian dan kelangsungan hidup hewan-hewan akan terganggu karena dengan semakin meningkatnya suhu bumi yang semakin tinggi sehingga berdampak terhadap perubahan iklim yang kemudian menyebabkan punahnya spesies-spesies hewan dari muka bumi dikarenakan tidak mampu beradaptasi pada habitat hewan-hewan itu sendiri. Hewan-hewan mengalami kepunaan karena; habitat nya di sentuh oleh banjir, gempa, suhu, kekeringan air, dll.

Oleh karena pemanasan global tersebut. Berdasarkan fenomena-fenomena/ gejala-gejala yang sedang terjadi saat ini sebagai akibat dari pemanasan global tersebut diantaranya: Banjir bandang di sentani-Jayapura-Papua, Gempa / Stunami di palu, sedang terjadi nya perubahan iklim yang tergantikan ini, kebakaran yang terjadi setiap bulang sekali seperti Koya barat, baru -baru ini di airport Nabire, Dll.

Mengapa di duga menjadi efek dari pemanasan global.? Sebab fenomena-fenomena seperti ini tidak terlepas dari contoh gejala-gejala pemanasan global. Dengan berdasarkan fenomena-fenomena atau dari uraian diatas, timbullah pertanyaan yakni ; Apakah Anda merasakan bahwa di saat ini sedang terjadi pemanasan global ......? Sebanyak manusia pasti menjawab iya, karena mereka merasa sudah terjadi peningkatan suhu di mana lingkungan nya berada, kedatangan musim yang tidak di duga / tak sesuai, karena rasa bahwa bencana alam semakin banyak terjadi seperti kebakaran hutan, banjir, dll. Bahkan sebanyak manusia pula yang menjawab tidak tahu, mereka kurang mengikuti informasi mengenai pemanasan global yang disebabkan karena di sebabkan aktivitas rutinitas sendiri.

Dari soal dan jawaban diatas dapat di tarik sebuah topik yang mengatakan tindakan / pesan yakni : upaya - upaya yang harus di ambil oleh setiap insang dan pemeritah untuk mencegah efek Pemanasan global ini. Upaya-upaya Yang Harus Di Ambil Oleh Setiap Insang & Pemeritah Untuk Menatasi Efek Pemanasan Global. Pemanasan global berarti naiknya suhu pada permukaan bumi yang disebabkan oleh rutinitas pekerjaan kita manusia itu sendiri, dan dampak dari pemanasan global tersebut membuat menghuni bumi mengalami kepunaan. Oleh itu, pemerintah harus melakukan gerakan-gerakan peduli lingkungan.

Mengapa ....?

Sebab pemanasan global dapat dicegah dengan cara penanaman pohon, reboisasasi serta kesadaran masyarakat dalam memelihara kelestarian alam. Pemerintah provinsi Papua perlu mengadakan program penanaman pohon. Kemudian pemerintah Prov.Papua juga perlu melakukan sosialisasi tentang pemanasan global beserta dampak-dampak yang ditimbulkannya, bukan hanya sosialisasi terkait miras dan narkoba.

Sebab dengan adanya sosialisasi tentang pemanasan global maka akan berdampak terhadap pengetahuan masyarakat dalam kehidupan sehari -hari, sehingga pada akhirnya masyarakat akan menyadari bahwa pemanasan global sangat berdampak negatif bagi kehidupan manusia. Hingga pada akhirnya masyarakat akan semakin peduli terhadap lingkungan. Pemanasan global sudah telah terjadi, namun lajunya tentu dapat sedikit agak lama. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menekan laju tersebut, antara lain melakukan gerakan-gerakan peduli lingkungan yaitu penghijauan / reboisasasi karena hal tersebut dapat mengurangi kadar gas CO2 yang menuju ke udara.

Kemudian hal lain yang dapat dilakukan yaitu pengurangan penggunaan bahan-bahan yang ber emisi karbon seperti minimalkan penggunaan kendaraan bermotor, penghematkan listrik, mendaur ulang sampah anorganik, dll. Dengan itu, pemerintah juga dengan tindakan harus tegas dalam menindak Pelaku pembalakan liar karena hutan yang gundul merupakan salah satu kontribusi utama dalam pemanasan global.

Karena Nasib Kita Kelak, Ada Di Bumi Kita.


Penulis : Mahasiswa papua yang sedang kulia di Jayapura pada FMIPA -UNCEN

Posting Komentar

0 Komentar