About Me

header ads

NOKEN ANGGREK ADALAH NOKEN HISTORI BAGI ORANG ASLI PAPUA

Foto Ilustrasi Sumber Google.com



Oleh: Derek Gai Yumai

(Artikel)-,Noken anggrek adalah noken yang tidak bisa terlepas dari setiap orang asli papua (OAP) karena noken anggrek ini selalu mereka berpameran saat jatu pada jadwal noken dan juga saat dimana kita berada dengan memakai sebuah noken angrek papua yang sedang kita memegang.

 Untuk itu, Noken anggrek merupakan noken yang beristimewa bagi orang asli papua lebih spesial bagi orang gunung karena noken anggre adalah noken orang gunung. Jika noken anggrek ini orang asli gunung berarti kita harus di patuhi dan di komprehensif pada histori kita berkata bahwa jangan jual noken yang ada di papua lebih spesial di gunung karena budaya kita pasti menuntut.

 Yang terpenting kita memiliki adalah pikiran-pikiran positif dan menjaga nilai-nilai kemanusiaan dan masing-masing berbudaya jalan satu-satunya adalah menjaga hubungan budaya dan manusia bahkan pula berbagai aspek yang ada dibidang-bidang menjatukan jiwa manusia. Dan juga, bagi orang yang mengikuti budaya yang di utarakan dari nenek moyang pasti ia adalah memegang dan mengikuti budaya-budaya turun temurun dari nenek moyang.

Untuk itu, kita harus berupaya memegang budaya kita karena budaya kita adalah salah satu jembatan menuju keselamatan bagi kita didalam dunia kehidupan Sehingga, setiap orang wajib dimilihki jembatan keselamatan dan menjaga kebudayaan kita yang tuhan berikan kepada kita secara cuma-cuma karena itu, ialah hak untuk merawat dan menjaga kebudayaan kita yakni noken anggrek dan lain sebagainya.

Dan noken ini berhak dari kita maka kita harus mengolah dia dengan hati yang nurani dan menjaga harkat dan martabat budaya kita itu sendiri. Kita menjaga harkat dan martabat dari noken kita maka kita menjaga berbagai berwarna/ i yang ada untuk mengabadikan spesial bagi kita dan bagi orang asli papua.

Kita hidup di papua bukan hidup di tanah papua yang kosong tetapi tanah yang sepenuh dengan berbagai macam yang tuhan memberikan kepada orang asli papua namun, malam ini jatu pada pameran noken papua dengan melihat suasan yang sangat mendukung bagi bangsa west papua untuk mensejahtrakan dan mendamaikan berbagai spesies noken papua.

Noken papua bukan noken manila, tetapi noken papua adalah noken anggrek yang paling unik dan berwarna-warni seperti cahaya yang menerangi di siang harinya dan bintang yang menyerangi saat bulan terang dan bercahaya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang memegang pada Histori masing-masing di setiap ras suku dan marga itulah seorang yang selalu menemani dengan histori itu sendiri biarpun, dimana berada niscaya akan afeksi kita. Noken papua bukan di bentuk dari nonpapua tetapi noken papua adalah di buat oleh orang asli papua(oap) karena noken papua adalah histori bagi orang asli papua.

Ketika kita memegang noken papua jangan di tinggal noken papua karena noken papua adalah noken anda dan saya ketika kita hidup di atas tanah papua ini. Orang asli papua yang membuat noken papua jangan di jual noken papua, dengan harga yang murah-murah karena noken papua adalah pilihan dari tuhan kepada kita.

Orang asli papua harus memiliki noken papua sesuai dengan lukratifnya sendiri karena itu sebagai bakat kita dengan seutuhnya. Noken papua adalah noken bagi orang asli papua untuk mengisi alat yang digunakan dari manusia dengan apa adanya untuk membuat dan membawa kemana-mana dengan membawa sebuah pengisiannya. Kita perlu berjanji dengan membawa noken papua karena noken papua adalah noken yang paling unik bagi bangsa papua.

Karena noken papua sebagai noken yang paling di setujui bagi bangsa papua untuk membuat berpariasi dan berbingkai-bingkai dengan berbagai jenis untuk menyukai pada setiap orang untuk membuat kebanggaan yang begitu salutnya. Jangan tunda dan menunda membawa noken anggrek bagi orang asli papua karena noken papua diwajibkan membawa dimana kita berada dengan kondisi yang paling konkret bagi orang asli papua(Oap).

Bangsa yang melihat dengan begitu luas dan besar adalah berpatuhi dengan histori sendiri maka kita orang asli papua (oap) perlu di patuhi pada histori kita karena jalan satu-satunya adalah mengikuti histori anda dan saya.

Kami sedang melakukan dan membawa noken anggrek papua karena ini adalah waktunya untuk kita membawa noken anggrek papua dan membawa noken papua ini bukan secara tiba-tiba tetapi kita perlu bersejarahkan untuk membawa noken anggreknya.





Penulis Mahasiswa Papua yang sedang kuliah di jayapura papua

Posting Komentar

0 Komentar