About Me

header ads

BUPATI DOGIYAI SIAP MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT



 BUPATI  DOGIYAI  SIAP  MEMBERDAYAKAN  MASYARAKAT




D




umopa Bupati Dogiyai siap memberdayakan masyarakatnya,bukan orang yang diminta saya-saya kepada mata pemerintah daerah dan Negara. Dogyai siap besaing dengan masyarakat yang mampu menciptakan segala aspek yang mampu mempertahankan ekonomi untuk taraf   hidupnya. Beliau,Pak Bupati Dumopa punya kehendak bersar kepada seluruh masyarakat Dogiyai harus hidup dari yang kecil dan tidak ada menjadi besar dan ada.



Karena semua loring pekerjaan yang akan disiapkan untuk mendatangkan nilai-nilai ekonomi yang dipelihara oleh masyarakat proto ekonomi di Kabupaten Dogiyai punya antusias untuk membangun kehidupan ekonomi dari nilai-nilai budaya luhur yang berekonomis di tengah-tengah masyarakat adatnya di pemerintahan Dumopa.  Namun demikian itu, kepada seluruh proto masyarakat adat mee di Dogiyai, janganlah kamu tinggal di areal lingkungan Togel,Shio dan permainan-permainan lainnya yang di angkap sebagai permain  nasional.  Sehingga di harapnya kepada masyarakat adat proto Mee di Dogiyai, harus kembali kepada areal perkebunan,peternakan, perikanan dan pertukanan yang bernilai secara ekonomis adat yang semula dia mencintai yang ada di Kampung Halamannya kamu masing-masing.



Masyarakat perkebunan misalnya, (kebun Kedelai,Bawang merah –putih, Kacang Tanah, Ubi Jalar,  Keladi, sayur-sayuran ,Rica-rica dan pisang-pisang ,jagung serta dan lain-lain lagi yang terkait dengan bidang perkebunan) ini.  Masyarakat pertukanang, misalnya Tukang Sensor, Tukang Kayu, Tukang Papan baik secara menurut tradisi kelazimannya mapun secara menurut modern, Tukang Pembutan  Anak panah-Bujur secara bersistim nilai ekonomis adat dan lain-lain yang dilakukan oleh masyarakat adat mee proto Dogiyai sendiri diberlakukannya dari berbagai bidang ekonomi adat Mee.



Peternakan, misalnya (Ternak babi, Ternak Ayam,Bebek,Itik,Sapi,serta ternak liar yang ditanggap dan dipelihara hingga dijinakkan oleh masyarakat adat mee,yaitu ,Kasuari, Kangkuru, Babi hutan dan babi celeng dan selain itu, anjing untuk berburu oleh masyarakat adat ).   Selain lagi di  bidang perikanan di antaranya, yaitu:  “ Berkolaman di lingkungan halaman baik disekitar tempat tinggalnya (rumah) mapun dilingkungan Perkebunan yang mempunyai berawa dan lumpur menjadi taman kolam bagi bermulty jenis ikan-ikan yang bisa dihidup di dalam air tawarnya.  Ikan-ikan kolam yang bisa dan dapat bertahan hidup di dalam air baik air tawar kendati bertempat berair lumpur dan aliran-aliran mata air yang bisa bikin ikan kolam.  Selain lagi itu,  kelompok yang bisa merajut noken menurut modus dan cara tradisi adat Mee di Dogiyai.  Kemudian menyanyam koba-koba atau payung tradisional. Kemudian di bidang pertanian ,sepertinya  Kebung Kopi Arabika, Kebun Jeruk,dan mangka dan nangka serta estinasi kebun buah merah  yang lidah pemerintah Papua bahkan masyarakat Papua diakui dijuluki sebagai Buah Surga.  



Kesemuanya itu, bapak Bupati Dogiyai mengharapkan bahwa semangatnya harus memprioritaskan sebab itu menjadi nilai-nilai berekonomis adat bagi seluruh proto warga masyarakat adat mee di Dogiyai.  Oleh sebab itu, seluruh warga masyarakat Dogiyai diharapkannya, kamu jangan beli jual-jualan oleh pendatang ,jika kamu mau beli sesuatu makanan khas ,harus beli kepada sesama masyarakat adat mee di sekitar anda.



Syalom Dogiyai Bahagia



                                                                                       



By: Yulianus Bukihapai Edowai


Posting Komentar

0 Komentar