About Me

header ads

Misa Requiem Meninggalnya Mgr. Herman Ferdinandus Maria Münninghoff, OFM



Timika, Jelata News - Untuk menghormati dan berbela sungkawa atas kepergian Uskup Emeritus Jayapura,  Mgr. Herman Ferdinandus Maria Münninghoff, OFM digelar Misa Requiem di Gereja Katolik Tiga Raja Timika, Jumat (9/2) yang dipimpin Uskup Timika, Mgr. John Philip Saklil, Pr.


Dalam misa requiem tersebut dihadiri oleh para biarawan/wati dan umat yang ada di beberapa paroki di kota Timika, Papua.

Intinya, Uskup John dalam khotbahnya menekankan untuk menghargai dan menghormati Uskup Herman atas jasa misioner yang telah dilakukannya selama beliau di Papua sebagai notaris, vikjen dan uskup Jayapura.

Selain itu, menurut Uskup John, beliau juga menyuarakan suara kenabian tentang HAM di Papua dan memperjuangkan dana 1 persen bagi masyarakat dari daerah Freeport beroperasi. Ia juga selalu bergaul dan berbuat baik terhadap siapa saja.

"Semoga jiwa pelayanannya menjiwai dalam diri kita untuk melanjutkan karya keselamatan Allah," harap Uskup John dalam khotbahnya.


Maka itu, Uskup John berpesan untuk membuat Baliho foto setengah badan Alm. Uskup Muninghoff dengan tulisan dibawahnya (Jadilah Kehendakmu, Doa kami) untuk diletakkan depan altar hingga prapaskah.

Berikut ini adalah kisah hidup singkat  Mgr. Herman Ferdinandus Maria Münninghoff OFM, Uskup Emeritus Jayapura. Beliau dilahirkan di Woerden, Belanda, 30 November 1921. Tahbisan Imam Ordo Fratrum Minorum (OFM): 15 Maret 1953. Ditunjuk Uskup Djajapura: 6 Mei 1972. Tahbisan Uskup Djajapura: 10 September 1972. Pentahbis Utama: Uskup Agung Semarang, Kardinal Justinus Darmojuwono (Kardinal-Imam Santissimi Nome di Gesù e Maria in Via Lata). Pentahbis Pendamping: Uskup Agung Emeritus Merauke, Mgr Herman Tillemans MSC dan Uskup Agats, Mgr Alphonsus Augustus Sowada OSC.

Diangkat Uskup Jayapura: 22 Agustus 1973. Pengangkatan ini terjadi karena Keuskupan Djajapura berganti nama lagi menjadi Keuskupan Jayapura sebagai bentuk penyesuaian terhadap perkembangan Bahasa Indonesia berdasarkan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Pensiun sebagai Uskup Jayapura: 29 Agustus 1997.

Selama menjadi Uskup, Mgr. Herman Ferdinandus Maria Münninghoff OFM telah menjadi Uskup Pentahbis Utama bagi Uskup Pembantu yang kelak akan menjadi penerus Takhta Keuskupan Jayapura, yakni: Mgr. Leo Laba Ladjar OFM sebagai Uskup Tituler Bencenna ketika diangkat menjadi Jayapura (10 April 1994).

Selain itu, Mgr Herman Ferdinandus Maria Münninghoff OFM juga menjadi Uskup Pentahbis Pendamping bagi: Mgr. Jacobus Duivenvoorde MSC sebagai Uskup Agung Merauke (1 Oktober 1972).

Keuskupan Jayapura:

Pendahulu: Mgr Rudolf Joseph Manfred Staverman OFM
Penerus: Mgr Leo Laba Ladjar OFM.                     

Posting Komentar

0 Komentar