About Me

header ads

BUNDAKU UNIVERSITAS CENDERAWASIH



BUNDAKU UNIVERSITAS CENDERAWASIH

BUNDA -ku Universitas Cenderawasih , kau mampu mencerdaskan Sumber Daya Manusia Papua yang begitu handal dan ulet di bumi Cenderawasihku Papua. Sehingga kini,hai BUNDAku UNCEN,Kau telah dan sedang mampu melayani kami 273 bahas,suku dan budaya di Papua bahkan serta Suku,Bahasa dan Budaya selain dari itu di Indonesia. Hai BUNDA ku ,UNCEN,kau tanpa mengadakan sifat dikotomi terhadap kami 273 bahasa,suku ,dan budaya di Papua bahkan selain suku,bahasa dan budaya di Indonesia. 
Namun demikian itu sehingga, BUNDA ku,UNCEN,kau telah melayani kami dengan sekuat tenaga pada tiap tahun pendidikan tinggi,mulai sejak engkau lahir tertanggal 10 November 1962 hingga hari ini kurang lebihnya 16000 Mahasiswa-mahasiswi,diantaranya Diploma Tiga (D-3), Strata Satu  (S-1) dan Starata Dua (S-2) dengan tidak betah lenyah menyayangi kami.  
Identitas Mamaku Universitas Cenderawasih merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, yang berkedudukan di Jayapura, Provinsi Papua.
Dengan melatarbelakangi sejak berdirinya Uncen; Uncen didirikan berdasarkan Keputusan Bersama WAMPA/Koordinator Urusan Irian Barat dan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 140/PTIP/1962 tanggal 10 Nopember 1962, yang selanjutnya disahkan dengan Keputusan Presiden Nomor 389 Tahun 1962 tanggal 31 Desember 1962.  Hai BUNDA ku UNCEN, kau telah datang dahir di Tanah Papua dan kini berkedudukan di Ibu Kota Provinsi Papua di Jayapura. Di sana Engkau tinggal bediri selaksana seorang wanita Primadona yang begitu jelita dan permai parasnya.
Edowai tak lupa memberikan sebuah apresiasi yang tak terhingga kepada Kota Jayapura, sebab Kota Jayapura merupakan Kota yang mampu mencerdaskan Sumber Daya manusia yang begitu urgen,handal dan ulet dalam segala bidang pendidikan kea rah segala bidang kerja. Sehingga Kota Jayapura menjadi Kota senteral pendidikan dan dijuluki sebagai Kota Adipura di maknakan bahwa Kota yang mampu mengindahkan tata pendidikan dari TK Kecil sampai dengan Perguruan Tinggi Negeri UNCEN serta Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain bahkan  Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di lingkungan Ibu kota Provinsi Papua Jayapura Papua.
Sehingga dengan itu di landaskan fungsinya yang sebagaimana di identitaskan mamaku Uncen merupakan Uncen dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai satu perguruan tinggi, berorientasi pada Pola Ilmiah Pokok (PIP) di bidang Ilmu Antropologi dan Sumber Daya
Alam. Mamaku Uncen telah melahiran dan mempunyai Lambang kebanggaan yang bersahaja, Bendera  kehormatan, dan Hymne serta  Mars yang membuat pujian euforia bagi dunia pendidikan tinggi negeri.
Saya menyimak Lambang Mamaku Uncen berbentuk perisai segi lima berwarna Dasar Kuning Keemasan yang di dalamnya terdapat Gambar Burung Cenderawasih, menoleh ke kiri dengan sayap terbuka dan sepuluh helai bulu ekor menjurai ke atas merupakan Sembilan fakultas dan Program Pascasarjana menurutku, di bawahnya terdapat Buku terbuka dan di atasnya terdapat Bunga Melati dengan Bintang Bersudut Lima di dalamnya, dan tulisan nama mamaku,UNIVERSITAS CENDERAWASIH  berwarna Coklat.
Lambang biduk pendidikan tinggi Negeri Universitas Cenderawasih  memiliki makna diantaranya,yang saya tafsirkan disini adalah,  Perisai segi lima memiliki makna Uncen berasaskan Pancasila; Warna dasar Kuning Emas memiliki makna keagungan, keluhuran, dan
kebijaksanaan; Burung Cenderawasih dengan sayap terbuka merupakan kebanggaan
masyarakat Papua, memiliki makna dinamika Uncen dalam upaya mencerdaskan dan meningkatkan taraf  hidup kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara; Sepuluh Helai bulu ekor menjurai ke atas memiliki makna berdirinya Uncen pada tanggal 10 November 1962, yang bertepatan pada Hari Pahlawan; Buku terbuka memiliki makna Uncen berusaha membina dan mengembangkan ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan teknologi; Bunga Melati dengan bentuk Bintang Bersudut Lima di dalamnya memiliki makna upaya Uncen untuk mencapai keluhuran dan kebijaksanaan serta marifat berlandaskan kemurnian dan kesucian gerak hidupnya; dan  Tulisan sebuah nama mamaku ,UNIVERSITAS CENDERAWASIH  berwarna Coklat memiliki makna kehadiran Uncen Netral yang Natural, Elegan, Anggun, Hangat, serta Membumi
dan Stabil yang menghadirkan kenyamanan, kehangatan, memberi rasa aman, menyenangkan, dan akrab serta mendorong semangat dan komitmen bersama untuk menggapai cita-cita masa depan yang luhur.
Lambang Mamaku, UNIVERSITAS CENDERAWASIH  berwarna Coklat sebagai beikut :…. Edowai ,siap ingin memahami dan menguraian tentang Bendera yang dimiiki oleh mamaku Universitas Cenderawasih berbentuk empat persegi panjang dengan perbandingan ukuran panjang berbanding lebar 3 : 2 berwarna dasar Kuning Keemasan, bertepi berumbai-rumbai warna coklat berukuran 1/40 (satu per empat puluh) lebar bendera dan terdapat lambang Uncen,Bendera UNIVERSITAS CENDERAWASIH ,sebagai berikut: ….
Bendera Fakultas  dan Program Pascasarja, saya siap menjelaskan secara garis besar menurut akal penulis,sebagai berikut…. (1) Bendera Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan warna dasar biru muda ,diperlihat dalam bentuk gambar sebagai berikut:….; (2) Bendera Fakultas Hukum dengan warna dasar merah (carmine) ,diperlihat dalam bentuk gambar sebagai sebagai berikut:…..; (3) Bendera Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan warna dasar jingga (orange) ,diperlihat dalam bentuk gambar sebagai sebagai berikut:….; (4)  Bendera Fakultas Ekonomi dengan warna dasar abu-abu (grey) ,diperlihat dalam bentuk gambar sebagai sebagai berikut:….; (5) Bendera Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan warna dasar biru (ultra marine) ,diperlihat dalam bentuk gambar sebagai sebagai berikut:…; (6). Bendera Fakultas Teknik dengan warna dasar biru (ultra marine) sebagai
berikut:…; (7) Bendera Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan warna dasar ungu  ,diperlihat dalam bentuk gambar sebagai sebagai berikut:...; (8). Bendera Fakultas Kedokteran dengan warna dasar hijau  ,diperlihat dalam bentuk gambar sebagai sebagai berikut:…; (9) Bendera Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan warna dasar biru langit  ,diperlihat dalam bentuk gambar sebagai sebagai berikut:…; (10) . Bendera Program Pascasarjana dengan warna dasar cokelat kemerahan  ,diperlihat dalam bentuk gambar sebagai sebagai  berikut:…;.
Bentuk ,Lambang dan Bendera yang sebagaimana ditercantumkan di atas  baik Universitas Cenderawasih maupun tiap-tiap Fakultas di lingkungan Universitas Cenderawasih,saya akan menghimpunkan dalam bentuk gambar sekaligus sertakan dengan pasang nomor sesuai fakultas menurut Statuta Universitas Cenderawasih.  Ketentuan mengenai tata cara penggunaan bendera fakultas dan program pascasarjana diatur dengan Peraturan
Rektor.
Makanan khas Papua yang begitu unik,yang telah dibicarakan oleh BUNDAku UNCEN,merupakan suatu upety berharga yang telah terpendam dalam perut bumi Cenderawasih Papua itulah Anugerah Sang Pencipta.  Negeri Kami Negeri Jaya. Samudera Kami Samudera Viktory alias jaya. Sungai dan Air kami Yordan. Kami hidup di atas Emas. Kami berenang di atas Minyak. Kami minum di atas air baptis Suci. Tapi itu bukan kami punya.
Jayapura di Bukit Rektorat Uncen, 27 08 /2017,Am: 15:45:57 WIT.
Di tulis oleh : Yulianus Edowai Mahasiswa Hukum UNCEN,Holandia Jayapura Papua.

Posting Komentar

0 Komentar