About Me

header ads

SAHABAT SETIAWAN SEBAGAI OBAT KEHIDUPAN



SAHABAT  SETIAWAN SEBAGAI OBAT KEHIDUPAN 



T
enggorokan yang manis mendapatkan banyak sahabat ,dan keramahan diperbanyak oleh lidah yang manis lembut.  Mudah-mudahan orang yang damai denganmu banyak adanya tetapi hanya satu dari seribu hasratnya menjadi penasehatmu. Jika engkau mau mendapat sahabat,kajilah dia dahulu,dan jangan segera percaya padanya.  Sebab ada orang yang bersahabat hanya menurut ketikanya sendiri,tetapi pada hari kesukaranmu tidak bertahan.
Ada juga sahabat yang beruba menjadi musuh, terutama karangan lawan jenis dalam mencari perjodohannya,lalu menceritakan  persengketaan untuk menistakan dikau.  Ada lagi sahabat yang ikut serta dalam perjamuan makan,tetapi tidak bertahan pada hari kesukaranmu.
Pada waktu engkau sejahtera ia adalah seperti engkau sendiri lancing berbicara dengan se isi rumahmu. Tetapi ,bila engkaumundur maka ,ia akan berbalik melawan engkau serta menyembunyikan diri terhadapmu.
“Tepanya seperti  sepasangan pacar ,ketika laki-lakinya mempunya harta benda sehingga selama menikmati segala harta benda itu,sikap dari pada tampak perempuan itu,seolah-olah semati ,sehidup dengan si laki-laki tadi.Tetapi itu sikap sekedar,selagi mereka menikmati kekayaan laki-lakinya,lalu terjadilah kepalitan atas kekayaan terjadi maka perempuan punya niat besar mau melepaskan dan melarikan diri kepadanya dari laki-laki itu”.  Berpekikannya/Yuli.Bukihapai Edowai
Namun demikian itu,hai kawan, jauhila diri dari para musuhmu,tetapi berhati-hatilah terhadap sabatmu. Sebab ,sahabat setiawan merupakan perlindungan yang kokoh,barangsiapa menemukan orang serupa itu sungguh mendapat harta.
 “Seumpamanya ,dalam pasangan jodoh, seseorang  yang akan mendapatkan seorang laki-laki yang takut akan Tuhan dan seorang perempuan yang bertakwa akan Tuhan,maka lantarannya telah memiliki harta muatara samapi semati sehidup”. Berbernya/Pagake.
Oh…kawan,jika demikian,sehingga sahabat setiawan tidak ternilai,dan harganya tidak ada tertimbang. Sahabat setiawan adalah Obat kehidupan, orang yang takut akan Tuhan memperolehnya. Orang yang takut akan Tuhan memelihara persahabatan dengan lurus hati,seab seperti sendiri demikian pun temannya.
“Amsalnya,dalam dunia perpacaran sudah terjadi banyak persengketaan Hubungan Putus Pacar (HPP),maka diantara beberapa calon pasangan pacar terjadilah sakit pacar,karena Pacar adalah dianggap  seolah-olah menjadi Obat Penghiburan,kenikmatan dan kepuasaan pada pangkuan pertiwa di atas di bawah kita ini.” Pungkasnya/Yulian Bukihapai Edowai.
 Hai kawanku Yuli,yang selanjutnya pangkat Sobat, pada konteks ini,pandangan dari mata akalku pun ,ku siap ingin menambahkan,bahwa, maka jangan menukar sahabat atau pacar yang menjadi pasangan hidup yang serasi,sejoli, seiman dan sejodoh uang atau harta benda berharga lain,seperti atau sudara sejati dengan emas dari ofir. Dan terkait erat juga,akan menjadi bersuami-istri dari calon pasangan hidup ,jelas bahwa isteri yang bijak dan baik sehingga jangan kita abaikan,lantarannya harga keramahannya melampaui harga emas. Imbuhnya /Pagake
Buatlah jalan untuk mencari dan menemukan sahabat yang bijaksana,yang tidak bias ditukar dengan uang, dan juga memasangkanlah jerat untuk menanggap seorang gadis perempuan yang akan menjadi teman hidup yang penuh ramah tamah dan takut akan Tuhan,serta laki-laki yang bertaqwa kepada Tuhan,supaya hidup kalian berdua menjadi Obat kehidupan. (*).

Penulis Adalah Yulianus Bukihapai Edowai.



Posting Komentar

0 Komentar