About Me

header ads

AGADIDE EDII METE

foto pribadi Dere Gai Yumai.


Oleh : Derek Gai Yumai
(Artikel)-,Aga adalah bagian, Edii adalah hujan, bahkan pula Mete adalah datang. Untuk itu, digabungkan menjadi satu pengucapan kata adalah di bagian timur hujan akan datang sehingga harus mewaspadai di bagian-bagian di bawah seperti berdekatan dengan danau-danau karena kali aga ini selalu mengalir saat hujan besar tidak bisa seseorang yang akan di hentikan dan ditolak.

Dengan demikian itu, kita perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya adalah payung sebelum hujan itu akan tiba dan turun karena hujan tidak bisa mempunyai mempertahankan siapapun selagi ia akan turun.

Ketika sesuatu barang yang orang disebut datang berarti mau tidak mau musti akan datang jadi sebelum ia datang mempersiapkan diri pribadi itu sangat penting karena manusia bisa di pikirkan tahan namun, hujan tak bisa di tahan siapapun kecuali penciptaan kita. Karena segala sesuatu yang ada diatas tanah ini di ciptakan, diletakkan, diposisikan adalah yang maha pencipta itu sendiri.

Untuk itu, Hujan tersebut akan turun secara tiba-tiba tanpa melihat gejala-gejala apapun itu pantas namun, janganlah bimbang dan ragu ketika hujan itu akan diturun karena setiap manusia ada punya percobaan dan pengujian mental secara tiba-tiba dan secara pikiran, perasaan dan juga logis sehingga tugas kita adalah tetap pas posisi yang tuhan sudah memposisikannya.

Apa yang kita sudah mendapatkan posisi baik itu, posisi penderitaan maupun kegelisahan, itu bukan kita minder dan mundur namun, mengalami penderitaan dan kegelisahan dibalik pasti ada berpahala dan bermahkota yang lebih besar dari sorga melalui loyalitas kita itu sendiri.
Hujan itu datang dari barat, timur, selatan bahkan pula utara dengan demikian kita harus memilih dan memposisikan yang berbahaya memperkenah hujan deras sepertinya makanan, sayur-sayuran dan juga busana dan lain sebagainya.

jika dibagian timur, hujan datang / ( Edii mete) haruslah waspadai karena hujan dari bagian timur pasti mewarnai setiap dirumah yang ada disamping kali-kali karena air ini tidak bisa di pegang tetapi kita bisa merasakan yang berbahaya artinya dibasa yang kita berpikir tidak bisa dibasa pasti merasa patut dan basa.

Ketika agadide hujan datang( Agadide Edii Mete) pasti mengalirkan ada baik dan buruknya yakni yang terbaik adalah memupukkan makanan dan tanah yang kering menjadi tanah yang subur dan buruknya adalah ketika hujan akan datang menghancurkan tanah dari dalam menjadi diatas dan dari atas akan mendapat ibaranya becek dan mengalirkan kali aga.




Penulis : Mahasiswa Papua Yang sedang Kulia di Jayapura -Papua.

Jayapura, 09/03/19

Posting Komentar

0 Komentar