About Me

header ads

Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi Handphone di Kalangan Kehidupan Manusia



Asik main handphone tak mengingat waktu (Foto silvester Kadepa)/ KM


Oleh Silvester Watagai Kadepa

Opini, Kabarmapegaa.com--Sebelum menjabar lebih jauh, penulis hanya menulis beberapa fakta pengaruh positif dan negative handphone di kalangan kehidupan manusia. Dalam sebuah opini ini hanya di tulis dasar dasar kekurangan dan kelebihan serta contoh dari hanphone dan perkembangan dalam kehidupan manusia.

Mari baca…..

Dunia semakin berkembang pesat dan berubah secara mengkilat dari hari ke hari. Perkembangan yang secepat itu mampu memberikan dampat positif dan negative bagi manusia di bumi. 

Dengan perkembangan itu bukan alat teknologi saja yang dapat berubah, namun manusiapun ikut berubah sesuai perkembangan. Siapapun dia yang dan tidak harus mengikuti perkembangan sangat berbahaya bagi  diri untuk beradaptasi sesuai zaman nantinya.

Salah satu contoh adanya perkembangan teknologi dalam hal komunikasi. Dulunya namanya komunikasi sangat susah artinya bahwa selalu berkomunikasi lewat surat dan tatap langsung, namun sekarang mudah untuk berkomunikasi langsung lewat Handphone, telpohone, Facebook dan telekomunikasi lainnya. Ini bukti bahwa perkembangan zaman dan teknologi sangat pesat dan kilat diantar kita.

Dalam perkembangan terakhir di mana dunia informasi menjadi sangat penting dalam aspek kehidupan manusia, sehingga komunikasipun akhirnya tidak dapat ditawar lagi dan menjadi bagian yang sangat penting dalam melengkapi kehidupan manusia.

Pada masa saat ini penggunaan hanphone  bukanlah hal aneh karena hampir penduduk seluruh dunia sudah menggunakan telepon genggam dalam kesehariannya. Namun alat komunikasi jarak jauh tersebut juga mengalami kemajuan teknologi yang sangat pesat. 

Dampak Perubahan teknologi komunikasi ini memiliki beberapa dampak terhadap kehidupan masyarakat. Dampak positif yang sangat nyata di lini bisnis, pekerja, bahkan murid-murid sekolah hingga mahasiswa yang sangat bergantung dengan kecepatan bertukar informasi satu dengan yang lain. 

Untuk dapat  mencari informasi di internet sebagai salah satu kebutuhan dari masing-masing individu cukup dengan sebuah hanphone. 
Oto Degei dan Silvester Kadepa sedang bermain Handphone tanpa melihat waktu/umagi.
Dampak negatif juga dapat terjadi dalam kehidupan manusia adalah mudahnya informasi mengenai pronografi tersebar melalui jaringan internet Pengaruh dalam aspek budaya lain. Tentunya perubahan ini memiliki nilai buruk bagi penguna karena menganggu karakter pola pikir manusia kedepan.

Dampak positif dari perkembangan teknologi merupakan  mudahnya penyebaran informasi dari sisi mengenal hal positif dari budaya perkembangan teknologi komunikasi pada negara-negara maju mengenai bagaimana menghargai waktu dan disiplin yang nantinya dapat diterapkan pada budaya masyarakat sedunia, sehingga dapat memajukan bangsanya dengan adanya kemudahan informasi.

Dengan demikian apabila ada sebuah organisasi atau orang tertentu yang ingin mengadakan penggalangan dana untuk membantu beban korban-korban bencana alam melalui media ini, seseorang atau organisasi tersebut akan dengan mudah menyebarkan informasinya yang nantinya akan mempermudah untuk melakukan pengumpulan donasi kepada orang yang membutuhkan.

Dampak negatif dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi ini adalah menurunnya kepedulian masyarakat terhadap orang-orang yang ada disekitarnya. Sering dijumpai sekumpulan keluarga besar lengkap dari orangtua dan anak-anaknya berserta asisten rumah tangga duduk dalam satu meja makan bersama-sama, tetapi tidak saling berbincang. Mereka seperti seakan-akan sibuk dengan hanphone masing-masing untuk bercengkrama dengan orang lain yang jarak lebih jauh dibanding keluarganya yang sedang berada di dekatnya. 

Harus bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi yang berkembang saat ini. Ketika membutuhkan komunikasi jarak jauh sebisa mungkin untuk tidak terlalu mementingkan kerabat yang jaraknya jauh.

Dingatkan lagi bahwa kita harus sadar akan waktu dengan orang-orang disekitar kita lebih penting untuk menjalin komunikasi secara langsung dibanding dengan orang orang yang jauh. Dengan demikian maka dampak negatif dapat semakin tersaring dan berkurang (KM.)

Penulis adalah Mahasiswa Papua Kuliah di Jawa

Posting Komentar

0 Komentar